Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram
Judul : Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram
link : Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram
Latihan Soal: Pilihan Ganda (40 Soal)
-
Komponen utama sistem rem cakram meliputi...
A. Tromol, sepatu rem, silinder roda
B. Kaliper, cakram, kampas rem
C. Master silinder, tromol, piston
D. Tambahan rem tangan, kampas, drum
Jawaban: B -
Fungsi piringan cakram adalah...
A. Menahan roda agar tak berputar
B. Mengubah energi kinetik menjadi panas
C. Menambah kecepatan kendaraan
D. Menyalurkan minyak rem
Jawaban: B -
Kaliper yang memiliki piston di kedua sisinya disebut...
A. Floating caliper
B. Sliding caliper
C. Fixed caliper
D. Single-piston caliper
Jawaban: C -
Fungsi minyak rem dalam rem cakram adalah...
A. Mengubah tekanan pedal menjadi gaya menjepit
B. Melumasi kampas rem
C. Menyerap panas dari cakram
D. Meneruskan putaran roda ke transmisi
Jawaban: A -
Apa itu ABS?
A. Anti‑Brake System
B. Automatic Braking System
C. Anti‑Lock Brake System
D. Accelerator Brake System
Jawaban: C -
Fungsi ABS pada sistem rem adalah...
A. Menambah efisiensi bahan bakar
B. Mencegah penguncian roda saat pengereman
C. Menyeimbangkan tekanan rem
D. Mengatur distribusi rem
Jawaban: B -
Komponen yang menahan minyak dan mencegah kebocoran di rem cakram:
A. Seal kaliper
B. Kampas rem
C. Piringan
D. Tromol
Jawaban: A -
Penyebab rem cakram kurang pakem bisa karena:
A. Cakram terlalu dingin
B. Kampas aus
C. Tidak menginjak pedal
D. Tromol kotor
Jawaban: B -
Jika muncul suara "cilak" saat rem, kemungkinan penyebabnya:
A. Kaliper melorot
B. Kampas aus atau masih tinggi
C. Pedal jalannya longgar
D. Ban nggak rata
Jawaban: B -
Floating caliper bergerak:
A. Atas-bawah
B. Sisi ke sisi
C. Ke dalam
D. Tidak bergerak
Jawaban: B -
Fixed caliper keuntungannya:
A. Lebih murah
B. Pendinginan buruk
C. Tahan lama, pengereman lebih presisi
D. Layak untuk rem parkir
Jawaban: C -
Nama piston pada kaliper disebut:
A. Kampas
B. Silinder
C. Reservoir
D. Celah
Jawaban: B -
Pada rem cakram, udara di dalam sistem akan menyebabkan:
A. Rem jadi lebih pakem
B. Rem menjadi spongy
C. Suara ngebul
D. Rem terkunci
Jawaban: B -
Komponen yang membuang udara dari sistem rem adalah:
A. Reservoir
B. Master silinder
C. Baut nepel (bleeder valve)
D. Seal
Jawaban: C -
Fungsi master silinder adalah:
A. Mengubah tekanan mekanis menjadi hidrolik
B. Mengunci roda
C. Menyapu cairan
D. Menyalurkan udara
Jawaban: A -
Booster rem (servo brake) berfungsi:
A. Mengirit minyak rem
B. Meringankan injakan pedal
C. Menambah tekanan rem
D. Membersihkan cakram
Jawaban: B -
Kampas rem sebaiknya diganti saat ketebalan tersisa:
A. <0,5 mm
B. <1 mm
C. <2 mm
D. <0,3 mm
Jawaban: C -
Saat bleeding rem, langkah pertama:
A. Lepas selang rem
B. Tekan pedal rem
C. Buka baut bleeder dekat roda paling jauh
D. Ganti minyak rem
Jawaban: C -
Fungsi distributor valve adalah:
A. Mengunci roda
B. Mengatur distribusi tekanan ke roda depan-belakang
C. Membersihkan udara
D. Mengalirkan minyak ke ban
Jawaban: B -
Minyak rem DOT 4 dibanding DOT 3:
A. Titik didih lebih rendah
B. Titik didih lebih tinggi
C. Tidak tahan panas
D. Punya bau sedap
Jawaban: B -
Bila rem menekan menarik: diduga:
A. Cakram bengkok
B. Kampas tebal
C. Kampas baru
D. Oil seal rusak
Jawaban: A -
Solusi getaran saat rem cakram:
A. Ganti kampas
B. Surface grinding cakram
C. Tambah minyak rem
D. Ganti kaliper
Jawaban: B -
Floating caliper tipe slide memiliki:
A. Dua piston
B. Piston di satu sisi
C. Tidak pakem
D. Reservoir besar
Jawaban: B -
Rem cakram ventilated:
A. Tidak lubang
B. Ada ventilasi udara untuk pendinginan
C. Lebih tebal
D. Automatic
Jawaban: B -
Sensor ABS mendeteksi:
A. Tekanan rem
B. Kecepatan roda
C. Suhu cakram
D. Volume minyak
Jawaban: B -
Fungsi EBD (Electronic Brake‑force Distribution):
A. ABS lanjutan
B. Distribusi rem otomatis antara roda
C. Memberi tekanan rem otomatis ke roda belakang
D. Membersihkan rem
Jawaban: B -
Fungsi reservoir rem:
A. Menahan minyak cadangan
B. Pendinginan rem
C. Mengontrol kampas
D. Mengatur ban
Jawaban: A -
Jika master silinder bocor: gejala:
A. Pedal keras
B. Pedal terus turun
C. Rem jadi lebih pakem
D. Suara decit
Jawaban: B -
Gaya pada piston rem tergantung tekanan dan:
A. Luas penampang piston
B. Panjang pedal
C. Jenis minyak rem
D. Jenis kampas
Jawaban: A -
Rem drum dibanding cakram: kelemahannya...
A. Pendinginan lebih baik
B. Mudah perawatan
C. Kurang stabil
D. Lebih pakem
Jawaban: C -
Rem cakram lebih unggul karena:
A. Ringan
B. Pendinginan lebih baik & performa konsisten
C. Lebih murah
D. Tidak perlu minyak rem
Jawaban: B -
Floating caliper maintenance:
A. Ganti seal saja
B. Bersihkan slide pin dan beri gemuk suhu tinggi
C. Ganti minyak rem
D. Tekan pakai palu
Jawaban: B -
Rem cakram dengan kampas berbahan keramik keuntungannya:
A. Lebih murah
B. Umur panjang, tahan panas, minim debu
C. Lebih kasar
D. Kurang pakem
Jawaban: B -
Rem cakram “two‑piece” (dua bagian) berarti:
A. Cakram + ring terpisah untuk pendinginan
B. Fixed + floating caliper
C. Double piston
D. Cakram + kampas tidak satu sisi
Jawaban: A -
Tekanan dalam sistem rem hidrolik berbasis:
A. Hukum Newton
B. Hukum Pascal
C. Hukum Termodinamika
D. Hukum Bernoulli
Jawaban: B -
Brake fade terjadi karena:
A. Kampas terlalu tebal
B. Minyak rem kotor
C. Panas berlebihan sehingga efisiensi rem menurun
D. Ban licin
Jawaban: C -
Penyebab kampas rem berkarat:
A. Jalan aspal
B. Terkena air/hujan terus‑menerus
C. Terlalu pakem
D. Rem jarang dipakai
Jawaban: B -
Saat mengganti minyak rem, idealnya:
A. Ganti setiap 1 tahun atau sesuai manual
B. Tiap hari
C. Saat rem aus
D. Tidak perlu diganti
Jawaban: A -
Ciri rem cakram tidak rata:
A. Menguap
B. Vibrasi atau pedal terasa getar saat rem
C. Bau minyak
D. Tidak tarik
Jawaban: B -
Pada kondisi extreme, ABS tidak efektif jika:
A. Permukaan licin sangat ekstrem seperti es tebal
B. Jalan kering
C. Ban baru
D. Kampas baru
Jawaban: A
Soal Essay Singkat (10 Soal)
-
Jelaskan cara kerja sistem rem cakram saat pedal rem ditekan.
-
Sebut dan jelaskan paling tidak tiga penyebab rem cakram menjadi tidak pakem.
-
Bandingkan keunggulan sistem rem cakram dengan rem tromol dari aspek pendinginan dan perawatan.
-
Apa manfaat dari penggunaan floating caliper dibanding fixed caliper?
-
Jelaskan fungsi ABS dalam kondisi pengereman darurat.
-
Mengapa minyak rem harus rutin diganti? Apa risiko jika tidak diganti?
-
Apa itu bleed rem dan bagaimana prosedurnya secara singkat?
-
Mengapa kaliper rem perlu dilumasi slide pin‑nya?
-
Jelaskan efek brake fade dan langkah‑langkah pencegahannya.
-
Apa fungsi dan pentingnya booster rem dalam sistem rem hidrolik?
Demikianlah Artikel Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram
Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2014/01/latihan-soal-produktif-chassis_20.html
0 Response to "Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram"
Posting Komentar