-->

Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram

Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram - Hallo Sahabat SMK Dwija Praja Kota Pekalongan, pada artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan mengambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Bank Soal & Kisi-kisi, Artikel Evaluasi Pembelajaran, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram
link : Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram


Latihan Soal: Pilihan Ganda (40 Soal)

  1. Komponen utama sistem rem cakram meliputi...
    A. Tromol, sepatu rem, silinder roda
    B. Kaliper, cakram, kampas rem
    C. Master silinder, tromol, piston
    D. Tambahan rem tangan, kampas, drum
    Jawaban: B

  2. Fungsi piringan cakram adalah...
    A. Menahan roda agar tak berputar
    B. Mengubah energi kinetik menjadi panas
    C. Menambah kecepatan kendaraan
    D. Menyalurkan minyak rem
    Jawaban: B

  3. Kaliper yang memiliki piston di kedua sisinya disebut...
    A. Floating caliper
    B. Sliding caliper
    C. Fixed caliper
    D. Single-piston caliper
    Jawaban: C

  4. Fungsi minyak rem dalam rem cakram adalah...
    A. Mengubah tekanan pedal menjadi gaya menjepit
    B. Melumasi kampas rem
    C. Menyerap panas dari cakram
    D. Meneruskan putaran roda ke transmisi
    Jawaban: A

  5. Apa itu ABS?
    A. Anti‑Brake System
    B. Automatic Braking System
    C. Anti‑Lock Brake System
    D. Accelerator Brake System
    Jawaban: C

  6. Fungsi ABS pada sistem rem adalah...
    A. Menambah efisiensi bahan bakar
    B. Mencegah penguncian roda saat pengereman
    C. Menyeimbangkan tekanan rem
    D. Mengatur distribusi rem
    Jawaban: B

  7. Komponen yang menahan minyak dan mencegah kebocoran di rem cakram:
    A. Seal kaliper
    B. Kampas rem
    C. Piringan
    D. Tromol
    Jawaban: A

  8. Penyebab rem cakram kurang pakem bisa karena:
    A. Cakram terlalu dingin
    B. Kampas aus
    C. Tidak menginjak pedal
    D. Tromol kotor
    Jawaban: B

  9. Jika muncul suara "cilak" saat rem, kemungkinan penyebabnya:
    A. Kaliper melorot
    B. Kampas aus atau masih tinggi
    C. Pedal jalannya longgar
    D. Ban nggak rata
    Jawaban: B

  10. Floating caliper bergerak:
    A. Atas-bawah
    B. Sisi ke sisi
    C. Ke dalam
    D. Tidak bergerak
    Jawaban: B

  11. Fixed caliper keuntungannya:
    A. Lebih murah
    B. Pendinginan buruk
    C. Tahan lama, pengereman lebih presisi
    D. Layak untuk rem parkir
    Jawaban: C

  12. Nama piston pada kaliper disebut:
    A. Kampas
    B. Silinder
    C. Reservoir
    D. Celah
    Jawaban: B

  13. Pada rem cakram, udara di dalam sistem akan menyebabkan:
    A. Rem jadi lebih pakem
    B. Rem menjadi spongy
    C. Suara ngebul
    D. Rem terkunci
    Jawaban: B

  14. Komponen yang membuang udara dari sistem rem adalah:
    A. Reservoir
    B. Master silinder
    C. Baut nepel (bleeder valve)
    D. Seal
    Jawaban: C

  15. Fungsi master silinder adalah:
    A. Mengubah tekanan mekanis menjadi hidrolik
    B. Mengunci roda
    C. Menyapu cairan
    D. Menyalurkan udara
    Jawaban: A

  16. Booster rem (servo brake) berfungsi:
    A. Mengirit minyak rem
    B. Meringankan injakan pedal
    C. Menambah tekanan rem
    D. Membersihkan cakram
    Jawaban: B

  17. Kampas rem sebaiknya diganti saat ketebalan tersisa:
    A. <0,5 mm
    B. <1 mm
    C. <2 mm
    D. <0,3 mm
    Jawaban: C

  18. Saat bleeding rem, langkah pertama:
    A. Lepas selang rem
    B. Tekan pedal rem
    C. Buka baut bleeder dekat roda paling jauh
    D. Ganti minyak rem
    Jawaban: C

  19. Fungsi distributor valve adalah:
    A. Mengunci roda
    B. Mengatur distribusi tekanan ke roda depan-belakang
    C. Membersihkan udara
    D. Mengalirkan minyak ke ban
    Jawaban: B

  20. Minyak rem DOT 4 dibanding DOT 3:
    A. Titik didih lebih rendah
    B. Titik didih lebih tinggi
    C. Tidak tahan panas
    D. Punya bau sedap
    Jawaban: B

  21. Bila rem menekan menarik: diduga:
    A. Cakram bengkok
    B. Kampas tebal
    C. Kampas baru
    D. Oil seal rusak
    Jawaban: A

  22. Solusi getaran saat rem cakram:
    A. Ganti kampas
    B. Surface grinding cakram
    C. Tambah minyak rem
    D. Ganti kaliper
    Jawaban: B

  23. Floating caliper tipe slide memiliki:
    A. Dua piston
    B. Piston di satu sisi
    C. Tidak pakem
    D. Reservoir besar
    Jawaban: B

  24. Rem cakram ventilated:
    A. Tidak lubang
    B. Ada ventilasi udara untuk pendinginan
    C. Lebih tebal
    D. Automatic
    Jawaban: B

  25. Sensor ABS mendeteksi:
    A. Tekanan rem
    B. Kecepatan roda
    C. Suhu cakram
    D. Volume minyak
    Jawaban: B

  26. Fungsi EBD (Electronic Brake‑force Distribution):
    A. ABS lanjutan
    B. Distribusi rem otomatis antara roda
    C. Memberi tekanan rem otomatis ke roda belakang
    D. Membersihkan rem
    Jawaban: B

  27. Fungsi reservoir rem:
    A. Menahan minyak cadangan
    B. Pendinginan rem
    C. Mengontrol kampas
    D. Mengatur ban
    Jawaban: A

  28. Jika master silinder bocor: gejala:
    A. Pedal keras
    B. Pedal terus turun
    C. Rem jadi lebih pakem
    D. Suara decit
    Jawaban: B

  29. Gaya pada piston rem tergantung tekanan dan:
    A. Luas penampang piston
    B. Panjang pedal
    C. Jenis minyak rem
    D. Jenis kampas
    Jawaban: A

  30. Rem drum dibanding cakram: kelemahannya...
    A. Pendinginan lebih baik
    B. Mudah perawatan
    C. Kurang stabil
    D. Lebih pakem
    Jawaban: C

  31. Rem cakram lebih unggul karena:
    A. Ringan
    B. Pendinginan lebih baik & performa konsisten
    C. Lebih murah
    D. Tidak perlu minyak rem
    Jawaban: B

  32. Floating caliper maintenance:
    A. Ganti seal saja
    B. Bersihkan slide pin dan beri gemuk suhu tinggi
    C. Ganti minyak rem
    D. Tekan pakai palu
    Jawaban: B

  33. Rem cakram dengan kampas berbahan keramik keuntungannya:
    A. Lebih murah
    B. Umur panjang, tahan panas, minim debu
    C. Lebih kasar
    D. Kurang pakem
    Jawaban: B

  34. Rem cakram “two‑piece” (dua bagian) berarti:
    A. Cakram + ring terpisah untuk pendinginan
    B. Fixed + floating caliper
    C. Double piston
    D. Cakram + kampas tidak satu sisi
    Jawaban: A

  35. Tekanan dalam sistem rem hidrolik berbasis:
    A. Hukum Newton
    B. Hukum Pascal
    C. Hukum Termodinamika
    D. Hukum Bernoulli
    Jawaban: B

  36. Brake fade terjadi karena:
    A. Kampas terlalu tebal
    B. Minyak rem kotor
    C. Panas berlebihan sehingga efisiensi rem menurun
    D. Ban licin
    Jawaban: C

  37. Penyebab kampas rem berkarat:
    A. Jalan aspal
    B. Terkena air/hujan terus‑menerus
    C. Terlalu pakem
    D. Rem jarang dipakai
    Jawaban: B

  38. Saat mengganti minyak rem, idealnya:
    A. Ganti setiap 1 tahun atau sesuai manual
    B. Tiap hari
    C. Saat rem aus
    D. Tidak perlu diganti
    Jawaban: A

  39. Ciri rem cakram tidak rata:
    A. Menguap
    B. Vibrasi atau pedal terasa getar saat rem
    C. Bau minyak
    D. Tidak tarik
    Jawaban: B

  40. Pada kondisi extreme, ABS tidak efektif jika:
    A. Permukaan licin sangat ekstrem seperti es tebal
    B. Jalan kering
    C. Ban baru
    D. Kampas baru
    Jawaban: A


Soal Essay Singkat (10 Soal)

  1. Jelaskan cara kerja sistem rem cakram saat pedal rem ditekan.

  2. Sebut dan jelaskan paling tidak tiga penyebab rem cakram menjadi tidak pakem.

  3. Bandingkan keunggulan sistem rem cakram dengan rem tromol dari aspek pendinginan dan perawatan.

  4. Apa manfaat dari penggunaan floating caliper dibanding fixed caliper?

  5. Jelaskan fungsi ABS dalam kondisi pengereman darurat.

  6. Mengapa minyak rem harus rutin diganti? Apa risiko jika tidak diganti?

  7. Apa itu bleed rem dan bagaimana prosedurnya secara singkat?

  8. Mengapa kaliper rem perlu dilumasi slide pin‑nya?

  9. Jelaskan efek brake fade dan langkah‑langkah pencegahannya.

  10. Apa fungsi dan pentingnya booster rem dalam sistem rem hidrolik?



Demikianlah Artikel Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram

Sekian artikel Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa dipostingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2014/01/latihan-soal-produktif-chassis_20.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Latihan Soal Produktif Chassis-Mengidentifikasi Rem Cakram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel