-->

Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat)

Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat) - Hallo Sahabat SMK Dwija Praja Kota Pekalongan, pada artikel yang Anda baca kali ini dengan judul Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan mengambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidrolik, Artikel Otomotif, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.

Judul : Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat)
link : Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat)

🛑 Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat)

Caliper Disc Brake merupakan salah satu jenis sistem pengereman modern yang digunakan pada berbagai alat berat, seperti:

  • Articulated Trucks

  • Off-Highway Trucks (terutama tipe kecil)

  • Beberapa unit mesin konstruksi berat lainnya


🔧 1. Komponen Caliper Disc Brake

📌 Gambaran Umum Caliper Disc Brake

Caliper Disc Brake

Gambar: Tampilan Umum Sistem Caliper Disc Brake

Sistem ini menggunakan disc (cakram) yang berputar bersama roda, dan caliper yang menjepit disc menggunakan tekanan hidrolik untuk menghasilkan gaya pengereman.


🔩 2. Non-Rotating Parts (Bagian Tidak Berputar)

Non-Rotating Parts

Gambar: Komponen Tidak Berputar pada Caliper Disc Brake

  • Caliper Housing: Terpasang kokoh pada wheel spindle (warna hijau pada gambar).

  • Di dalam caliper housing terdapat silinder hidrolik kecil (warna kuning) yang menekan brake lining.

  • Bagian ini tidak ikut berputar bersama roda, tetapi sangat penting dalam menciptakan tekanan pengereman.


🔁 3. Rotating Parts (Bagian yang Berputar)

Rotating Parts

Gambar: Komponen yang Berputar pada Caliper Disc Brake

  • Disc (cakram rem) terpasang langsung pada roda.

  • Saat roda berputar, disc juga ikut berputar.

  • Karena posisi disc berada di luar housing, sistem ini memiliki pendinginan alami karena terbuka ke udara.


⚙️ 4. Cara Kerja Caliper Disc Brake

🔄 Brake Release (Kondisi Normal)

Caliper Disc Operation

Gambar: Caliper dalam kondisi tidak aktif (brake released)

  • Dalam kondisi normal, brake lining tidak menyentuh disc.

  • Tidak ada gesekan → roda berputar bebas.

🛑 Brake Applied (Pengereman Aktif)

Caliper Disc Engaged

Gambar: Caliper dalam kondisi aktif (brake engaged)

  • Saat pedal rem ditekan:

    • Tekanan hidrolik mendorong piston di dalam caliper.

    • Piston menekan brake lining ke kedua sisi disc.

    • Terjadi gesekan → memperlambat atau menghentikan putaran roda.


🔧 5. Fitur Tambahan: Self-Adjusting Mechanism

  • Sistem caliper brake dilengkapi dengan fitur penyesuaian otomatis.

  • Saat brake lining mulai aus, caliper akan menyesuaikan posisinya secara otomatis.

  • Hal ini menjaga kinerja pengereman tetap optimal tanpa perlu penyetelan manual secara berkala.


📌 Kesimpulan: Keunggulan Caliper Disc Brakes

Keunggulan Keterangan
Pendinginan lebih baik Karena disc berada di luar housing
Respons cepat Tekanan hidrolik langsung menekan brake lining
Perawatan rendah Sistem dapat menyesuaikan secara otomatis
Umum digunakan pada kendaraan berat Seperti articulated truck dan off-highway truck kecil



Demikianlah Artikel Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat)

Sekian artikel Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa dipostingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat) dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2015/12/caliper-disc-brakes-sistem-rem-pada.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Caliper Disc Brakes (Sistem Rem pada Alat Berat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel