PALU (Hammer)
PALU (Hammer) - Hallo Sahabat SMK Dwija Praja Kota Pekalongan, pada artikel yang Anda baca kali ini dengan judul PALU (Hammer), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan mengambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan
Artikel tb tkr, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.
Judul : PALU (Hammer)
link : PALU (Hammer)
Anda sekarang membaca artikel PALU (Hammer) dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2016/04/palu-hammer.html
Judul : PALU (Hammer)
link : PALU (Hammer)
Palu merupakan alat yang dipakai sebagai pemukul untuk memasang dan melepaskan komponen-komponen mesin seperti pada pemasangan bearing, melepas sambungan pada propeller shaft dan sebagainya. Di bengkel otomotif, palu dikategorikan menjadi 2 yaitu: palu keras dan palu lunak.
Palu keras/palu besi
Kepala palu terbuat dari baja yang kedua ujungnya dikeraskan.Ukuran palu ditentukan oleh berat palu tersebut, biasanya antara 0,3 kg-1,4 kg. Bagian muka palu dibuat dalam berbagai bentuk, seperti bulat, rata, dan menyilang pada kedua ujungnya. Palu kepala bulat, seperti palu konde agar saat memukul dapat terhenti di tengah-tengah pada satu titik pukulan.
Jenis-jenis Palu keras atau Besi dibagi atas 2 macam, yaitu :
- Palu konde, dipergunakan untuk berbagai macam keperluan dan muka berbentuk setengah bola (ball pein) digunakan untuk membentuk kepala paku keling. Bagian muka yang rata/agak cembung ini digunakan untuk memukul pahat, penitik, atau memukul benda kerja.
- Palu pembentuk / peregang (Peining), sama dengan palu konde, salah satu muka palu peregang ini berbentuk agak cembung, tapi pada ujung yang lainnya berbentuk seperti kampak tumpul. Ujung ini disebut ujung pein, sehingga dapat juga disebut palu pein. Palu ini terdiri dari dua bentuk : pein luru dan pein melintang; digunakan untuk membentuk/ meregang atau melakukan pengerjaan pada bidang yang beralur atau cekung.
Palu lunak
- Palu lunak terbuat dari bahan kayu, plastik, karet, dan tembaga. Palu lunak digunakan untuk memasang dan membongkar komponen mesin yang tidak meninggalkan bekas pukulan pada benda kerja, misalnya pada bearing, poros komponen, kepala blok silinder, kepala silinder, dan komponen lainnya.
Demikianlah Artikel PALU (Hammer)
Sekian artikel PALU (Hammer) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa dipostingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel PALU (Hammer) dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2016/04/palu-hammer.html
0 Response to "PALU (Hammer)"
Post a Comment