RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1 - Hallo Sahabat SMK Dwija Praja Kota Pekalongan, pada artikel yang Anda baca kali ini dengan judul RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk Anda baca dan mengambil informasi didalamnya. Mudah-mudahan isi postingan
Artikel rpp, yang kami tulis ini dapat Anda pahami. Baiklah, selamat membaca.
Judul : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1
link : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1
Anda sekarang membaca artikel RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1 dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2016/04/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp-mo.html
Judul : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1
link : RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah :
SMK DWIJA PRAJA PEKALONGAN
Mata Pelajaran : Memelihara/servis engine dan
komponen-komponennya
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
1 sd 2
Alokasi Waktu :
7 jam pelajaran @ 45 menit
Standar Kompetensi : Memelihara/servis engine dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi
komponen-komponen Utama engine
A.
INDIKATOR
1. Prinsip kerja engine dianalisa dengan
benar
2. Jenis-jenis engine dianalisa dengan benar
3. Komponen utama engine diidentifikasi
sesuai jenisnya
4. Bagian dan fungsi system pendukung kerja
engine diidentifikasi dengan benar
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
- Menganalisa prinsip kerja engine 2 langkah
- Menganalisa prinsip kerja engine 4 langkah
- Menganalisa
jenis-jenis engine berdasarkan bahan bakarnya
- Menganalisa
jenis motor Bensin dan motor Diesel
Pertemuan 2
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
1.
Mengidentifikasi komponen kepala silinder
2.
Mengidentifikasi block silinder
3.
Mengidentifikasi Bak oli atau carter
4.
Mengidentifikasi bagian dan fungsi sistem pendinginan
5. Mengidentifikasi bagian dan fungsi system
pelumasan
6.
Mengidentifikasi bagian sistem bahan bakar
7.
Mengidentifikasi sistem pengapian
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Prinsip kerja engine
2.
Jenis-jenis engine
3.
Komponen utama engine
4.
Fungsi sistem pendukung kerja engine
D.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Observasi
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
- Kegiatan Awal
a.
Apresepsi : Menjelaskan prinsip kerja engine
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang memelihara
servis engine dan komponen-komponenya
- Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan prinsip kerja engine 2
langkah
b. Guru menjelaskan prinsip kerja engine 4
langkar
c.
Guru menginformasikan tentang jenis-jenis engine
berdasarkan bahan bakarnya
d. Guru menjelaskan jenis motor Bensin dan
motor Diesel
- Kegiatan
Akhir
a. Peserta / guru membuat kesimpulan tentang
prinsip kerja dan jenis-jenis engine.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran.
Pertemuan 2
- Kegiatan
Awal
a.
Apresepsi
: Menganalisis komponen-komponen utama engine
b. Menyampaikan
tujuan pembelajaran tentang memelihara servis engine dan komponen-komponenya
- Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan dan mengidentifikasi
komponen kepala silinder
b. Guru menjelaskan dan mengidentifikasi block
silinder
c. Guru menjelaskan dan mengidentifikasi Bak
oli atau carter
d. Guru menjelaskan dan mengidentifikasi
bagian dan fungsi sistem pendinginan
e. Guru menginformasikan bagian dan fungsi
system pelumasan
f. Guru menginformasikan dan mengidentifikasi
bagian sistem bahan bakar
g.
Guru menjelaskan sistem pengapian
- Kegiatan Akhir
a. Peserta / guru membuat kesimpulan tentang fungsi
komponen utama dan pendukung engine.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran.
F.
ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Modul servis engine
2.
Buku manual
3.
Engine stand
4.
Special tools
G.
PENILAIAN
1.
Tes tertulis
2.
Tugas-tugas
3.
Observasi
Pekalongan, 7 Juni 2009
Guru Mapel 1 Guru
Mapel 2
Herbudi Mistianto, S.Pd Fatkhurozi,
S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Dwija Praja
Drs. Soegijarto
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah :
SMK DWIJA PRAJA PEKALONGAN
Mata Pelajaran : Memelihara/servis engine dan
komponen-komponennya
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
3 sd 5
Alokasi Waktu :
7 jam pelajaran @ 45 menit
Standar Kompetensi : Memelihara/servis engine dan komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi komponen-komponen engine
A.
INDIKATOR
1.
Komponen-komponen
engine diidentifikasi dengan benar
2.
Fungsi
komponen-komponen engine diidentifikasi dengan benar
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 sd 5
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
1. Mengidentifikasi komponen-komponen kepala
silinder mesin bensin dan Diesel
2. Mengidentifikasi komponen-komponen bak
oli/carter mesin bensin dan Diesel
3. mengidentifikasi blok silinder mesin
bensin dan Diesel
4. Menyebutkan fungsi komponen-komponen
kepala silinder mesin bensin dan Diesel
5. Menyebutkan fungsi komponen-komponen bak
oli/carter mesin bensin dan Diesel
6. Menyebutkan fungsi komponen-komponen blok
silinder mesin bensin dan Diesel
C. MATERI PEMBELAJARAN
1. Komponen-komponen mesin bensin dan Diesel
2. Fungsi komponen-komponen mesin bensin dan
Diesel
D. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Observasi
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 3 sd 5
1. Kegiatan awal
a. Apresepsi : Menjelaskan bagian-bagian
komponen mesin bensin dan Diesel
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang identifikasi komponen engine
2. Kegiatan inti
a. Guru mendemonstrasikan cara
mengidentifikasi dan siswa melakukan observasi komponen-komponen kepala
silinder mesin bensin dan Diesel
b. Guru mendemonstrasikan cara
mengidentifikasi dan siswa melakukan observasi komponen-komponen bak oli/carter
mesin bensin dan Diesel
c. Guru mendemonstrasikan cara
mengidentifikasi dan siswa melakukan observasi blok silinder mesin bensin dan
Diesel
d. Guru memberikan informasi dan siswa
mendiskusikan tentang fungsi komponen-komponen kepala silinder mesin bensin dan
Diesel
e. Guru memberikan informasi dan siswa
mendiskusikan tentang fungsi komponen-komponen bak oli/carter mesin bensin dan
Diesel
f. Guru memberikan informasi dan siswa
mendiskusikan tentang fungsi komponen-komponen blok silinder mesin bensin dan
Diesel
3.
Kegiatan
akhir
a.
Peserta / guru membuat kesimpulan tentang bagain-bagian
dan fungsi komponen engine.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran.
c.
Peserta didik menyusun laporan hasil observasi
F.
ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Modul servis engine
2.
Buku manual
3.
Engine stand
4.
Special tools
G.
PENILAIAN
1.
Tes tertulis
2.
Tugas-tugas
3.
Observasi
Pekalongan, 7 Juni 2009
Guru Mapel 1 Guru
Mapel 2
Herbudi Mistianto, S.Pd Fatkhurozi,
S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Dwija Praja
Drs. Soegijarto
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah :
SMK DWIJA PRAJA PEKALONGAN
Mata Pelajaran :
Memelihara/servis engine dan komponen-komponennya
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
6 sd 10
Alokasi Waktu :
7 jam pelajaran @ 45 menit
Standar Kompetensi :
Memelihara/servis engine dan
komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Memelihara/servis engine dan komponen-komponenya (engine tune up)
A.
INDIKATOR
1. Komponen-komponen engine yang memerlukan
perawatan dianalisa sesuai SOP
2. Prosedur pemeliharaan/servis komponen
engine bensin dijelaskan dengan benar sesuai SOP
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 6 sd 10
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
1. Menganalisa komponen kepala silinder yang
memerlukan perawatan dan perbaikan
2. Menganalisa komponen sistem pelumasan yang
memerlukan perawatan dan perbaikan
3. Menganalisa komponen sistem pendingin yang
memerlukan perawatan dan perbaikan
4. Menganalisa komponen sistem pengapian yang
memerlukan perawatan dan perbaikan
5. Menganalisa komponen sistem bahan bakar
yang memerlukan perawatan dan perbaikan
C.
MATERI PEMBELAJARAN
1. Prosedur
perawatan kepala silinder
2. Prosedur
perawatan sistem pelumasan
3. Prosedur
perawatan sistem pendingin
4. Prosedur
perawatan sistem pengapian
5. Prosedur
perawatan sistem bahan bakar
D.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Observasi
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 6 sd 10
1.
Kegiatan
awal
a.
Apresepsi : Menjelaskan prosedur pemeliharaan servis
komponen mesin bensin
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang memelihara/servis komponen-komponen engine
2.
Kegiatan
inti
a.
Guru menjelaskan tentang prosedur pemeliharaan komponen
kepala silinder yang memerlukan perawatan dan perbaikan, kemudian siswa melakukan
observasi.
b.
Guru menjelaskan tentang prosedur pemeliharaan komponen
sistem pelumasan yang memerlukan perawatan dan perbaikan kemudian siswa
melakukan observasi
c.
Guru menjelaskan tentang prosedur pemeliharaan komponen
sistem pendingin yang memerlukan perawatan dan perbaikan kemudian siswa
melakukan observasi
d.
Guru menjelaskan tentang prosedur pemeliharaan komponen
sistem pengapian yang memerlukan perawatan dan perbaikan kemudian siswa
melakukan observasi
e.
Guru menjelaskan tentang prosedur pemeliharaan komponen
sistem bahan bakar yang memerlukan perawatan dan perbaikan kemudian siswa
melakukan observasi
3.
Kegiatan
akhir
a.
Peserta / guru membuat kesimpulan tentang prosedur
perawatan komponen-komponen engine.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran.
c.
Peserta didik menyusun laporan hasil observasi
F.
ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
a.
Modul servis engine
b.
Buku manual
c.
Engine stand
d.
Special tools
G.
PENILAIAN
a.
Tes tertulis
b.
Tugas-tugas
c.
Observasi
Pekalongan, 7 Juni 2009
Guru Mapel 1 Guru
Mapel 2
Herbudi Mistianto, S.Pd Fatkhurozi,
S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Dwija Praja
Drs. Soegijarto
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah :
SMK DWIJA PRAJA PEKALONGAN
Mata Pelajaran :
Memelihara/servis engine dan komponen-komponennya
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
11 sd 16
Alokasi Waktu :
7 jam pelajaran @ 45 menit
Standar Kompetensi :
Memelihara/servis engine dan
komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Melaksanakan pemeliharaan servis komponen
A. INDIKATOR
- Pemeliharaan servis komponen dilaksanakan
tanpa menyebabkan kerusakan terhadap komponen/sistem lainya.
- Pemeliharaan servis dilaksanakan dengan
menggunakan metode dan perlengkapan yang ditentukan berdasarkan
spesifikasi yang sesuai SOP terhadap komponen
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 6 sd 10
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
- Menerapkan keselamatan kerja pada proses pelaksanaan engine tune up
- Melaksanakan prosedur pemeliharaan/servis kepala silinder
- Melaksanakan prosedur pemeliharaan/servis sistem pelumasan
- Melaksanakan prosedur pemeliharaan/servis sistem pendingin
- Melaksanakan prosedur pemeliharaan/servis pengapian
- Melaksanakan prosedur pemeliharaan/servis bahan bakar
C. MATERI PEMBELAJARAN
- Prosedur keselamatan kerja perawatan engine
- Prosedur pemeliharaan/servis kepala silinder
- Prosedur pemeliharaan/servis sistem pelumasan
- Prosedur pemeliharaan/servis sistem pendingin
- Prosedur pemeliharaan/servis pengapian
- Prosedur pemeliharaan/servis bahan bakar
D. METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Observasi
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 6 sd 10
1. Kegiatan awal
a.
Apresepsi : Menjelaskan tentang pentingnya pemeliharaan
servis komponen mesin bensin
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pelaksanaan pemeliharaan/servis
komponen-komponen engine
2. Kegiatan inti
a.
Guru mendemonstrasikan dan peserta didik melakukan prosedur
keselamatan kerja pada proses pelaksanaan engine tune up
b.
Guru mendemonstrasikan dan peserta didik melakukan prosedur
pemeliharaan/servis kepala silinder
c.
Guru mendemonstrasikan dan peserta didik melakukan prosedur
pemeliharaan/servis sistem pelumasan
d.
Guru mendemonstrasikan dan peserta didik melakukan prosedur
pemeliharaan/servis sistem pendingin
e.
Guru mendemonstrasikan dan peserta didik melakukan prosedur
pemeliharaan/servis pengapian
f.
Guru mendemonstrasikan dan peserta didik melakukan prosedur
pemeliharaan/servis bahan bakar
3.
Kegiatan
akhir
a. Peserta / guru membuat kesimpulan tentang
pelaksanaan perawatan komponen-komponen engine.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran.
c.
Peserta didik menyusun laporan hasil observasi
d.
Peserta didik mengumpulkan data hasil observasi
F. ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Modul servis engine
2.
Buku manual
3.
Engine stand
4.
Special tools
G. PENILAIAN
1.
Tes tertulis
2.
Tugas-tugas
3.
Observasi
Pekalongan, 7 Juni 2009
Guru Mapel 1 Guru
Mapel 2
Herbudi Mistianto, S.Pd Fatkhurozi,
S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Dwija Praja
Drs. Soegijarto
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP)
Nama Sekolah :
SMK DWIJA PRAJA PEKALONGAN
Mata Pelajaran :
Memelihara/servis engine dan komponen-komponennya
Kelas/Semester :
XI/1
Pertemuan ke :
16 sd 19
Alokasi Waktu :
7 jam pelajaran @ 45 menit
Standar Kompetensi :
Memelihara/servis engine dan
komponen-komponennya
Kompetensi Dasar :
Menggunakan pelumas/cairan pembersih
A.
INDIKATOR
1. Penggunaan pelumas cairan pembersih yang
benar untuk komponen dilaksanakan sesuai dengan spesifikasi pabrik
2. Penanganan pelumas atau cairan pembersih
bekas dilaksanakan SOP, K3 peraturan perundang-undangan dan prosedur
kebijaksanaan perusahaan
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 16 sd 19
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik dapat:
- Menyebutkan
jenis-jenis pelumas dan gemuk
- Melaksakan penggantian pelumas pada komponen yang membutuhkan
- Memberikan
cairan pelumas/gemuk pada komponen yang membutuhkan
- Mengerti
pembuangan pelumas bekas sesuai dengan undang-undang lingkungan hidup
C.
MATERI PEMBELAJARAN
- Jenis-jenis pelumas dan gemuk
- Prosedur penggantian pelumas
- Peraturan Perundangan-undangan tentang Penanganan Limbah Pelumas
D.
METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Tanya jawab
- Demonstrasi
- Observasi
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 6 sd 10
1. Kegiatan awal
a.
Apresepsi : Menjelaskan tentang pentingnya penggantian
pelumas mesin dan penanganan limbah pelumas
b.
Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang menggunakan pelumas/cairan pembersih
2. Kegiatan inti
a. Guru menginformasikan materi tentang
jenis-jenis pelumas dan gemuk
b.
Guru memberikan contoh tentang pelaksanaan penggantian
pelumas pada komponen yang membutuhkan
c.
Guru mendampingi siswa melakukan penggantian cairan
pelumas/gemuk pada komponen yang membutuhkan
d. Guru menginformasikan materi tentang pembuangan
pelumas bekas sesuai dengan undang-undang lingkungan hidup
4.
Kegiatan
akhir
a.
Peserta / guru membuat kesimpulan tentang penggunaan
pelumas/cairan pembersih.
b. Peserta didik melakukan refleksi terhadap
kegiatan pembelajaran.
c.
Peserta didik menyusun laporan hasil praktik
d.
Peserta didik mengumpulkan data hasil observasi
H. ALAT, BAHAN DAN SUMBER BELAJAR
1.
Modul servis engine
2.
Buku manual
3.
Engine stand
4.
Special tools
I. PENILAIAN
1.
Tes tertulis
2.
Tugas-tugas
3.
Observasi
Pekalongan, 7 Juni 2009
Guru Mapel 1 Guru
Mapel 2
Herbudi Mistianto, S.Pd Fatkhurozi,
S.Pd
Mengetahui
Kepala Sekolah SMK Dwija Praja
Drs. Soegijarto
Demikianlah Artikel RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1
Sekian artikel RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1 kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa dipostingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1 dengan alamat link https://smkdwijapraja.blogspot.com/2016/04/rencana-pelaksanaan-pembelajaran-rpp-mo.html
0 Response to "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MO-1 SMT 1"
Post a Comment